Deskripsi Lengkap Penelitian
188/PMAT/2013

upaya meningkatkan tanggung jawab belajar matematika dengan menggunakan reinforcement pada siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Sedayu kabupaten bantul tahun ajaran 2012/2013

Abstrak : Pembelajaran matematika yang masih menggunakan pembelajaran langsung kurang menarik, sehingga masih kurangnya tanggung jawab dalam mengikuti pembelajaran matematika siswa kelas X SMA Negeri I Sedayu Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab belajar matematika siswa dengan menggunakan reinforcement pada kelas X SMA Negeri I Sedayu Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Setting yang digunakan adalah kelas X semester genap SMA Negeri I Sedayu Kabupaten Bantul tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian adalah siswa kelas X5 semester genap SMA Negeri I Sedayu Kabupaten Bantul tahun ajaran 2012/2013. Objek penelitian adalah pembelajaran menggunakan reinforcement pada kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga materi sebagai upaya meningkatkan tanggung jawab belajar matematika siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, angket tanggung jawab siswa, wawancara, dan ulangan harian. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran reinforcement dapat meningkatkan tanggung jawab pembelajaran matematika siswa. Dari hasil oservasi yang dilakukan selama penelitian, terdapat peningkatan tanggung jawab belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Pada siklus I seluruh indikator belum memenuhi kriteria baik, tetapi rata-rata aspek tanggung jawab siswa sebesar 63,62% (baik). Pada siklus II mengalami peningkatan seluruh indikator tanggung jawab sudah memenuhi kriteria baik dan rata-rata aspek tanggung jawab meningkat menjadi menjadi 74,69% (baik). Dari hasil angket tanggung jawab siswa terjadi peningkatan. Pada siklus I rata-rata tanggung jawab siswa sebesar 71,66% (baik) dan pada siklus II menjadi 76,57% (baik). Dari hasil ulangan harian yang diadakan pada setiap akhir siklus dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara individual.

Keyword : Meningkatkan,Tanggung Jawab,Reinforcement

PROPERTI NILAI PROPERTI
Penerbit Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan
Kota Yogyakarta
Tahun 2013
Bahasa Indonesia
Golongan -
Klasifikasi 188/PMAT/2013
Jenis Penelitian Skripsi
Subyek Meningkatkan,Tanggung Jawab,Reinforcement
Lokasi Perpustakaan Kampus III

KOLEKSI FILE
T1_09006060_JUDUL.pdf
T1_09006060_BAB_I.pdf

PENELITIAN SEJENIS

Multimedia terbaru
kontak kami


Jalan Kapas No.9, Semaki, Umbul Harjo
Yogyakarta 55165
Telp. : (0274) 563515, 511829, 511830, 379418, 371120
Fax. : (0274) 564604