Deskripsi Lengkap Penelitian
109/PMAT/2008

upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan sistem persamaan linear siswa kelas X3 semester I SMA Negeri 1 Dayeuh luhur kabupaten cilacap tahun ajaran 2007/2008

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas X3 SMA Negeri 1 Dayeuhluhur Cilacap Semester Satu Tahun Ajaran 2007/2008 dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Dayeuhluhur, (2) mendeskripsikan peningkatan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan pertemuan terakhir digunakan untuk tes hasil belajar dan pengisian angket oleh siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi; lembar observasi aktifitas siswa dan lembar observasi proses pembelajaran, pedoman wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata tes seluruh siswa pada siklus I adalah 57,60 meningkat menjadi 76,02 pada siklus II, demikian juga persentase jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I 40 % meningkat menjadi 76 % pada siklus II. (2) Terjadi peningkatan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Hal ini ditunjukkan dengan persentase dari setiap indikator dalam angket respon siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II dan rata-rata mencapai kategori tinggi.

Keyword : model Pembelajaran Berbasis Masalah,sistem persamaan linear

PROPERTI NILAI PROPERTI
Penerbit Universitas Ahmad Dahlan
Kota Yogyakarta
Tahun 2008
Bahasa Indonesia
Golongan -
Klasifikasi 109/PMAT/2008
Jenis Penelitian Skripsi
Subyek model Pembelajaran Berbasis Masalah,sistem persamaan linear
Lokasi Perpustakaan Kampus III

KOLEKSI FILE
TI_03006078_JUDUL.pdf
TI_03006078_BAB_I.pdf

PENELITIAN SEJENIS

Multimedia terbaru
kontak kami


Jalan Kapas No.9, Semaki, Umbul Harjo
Yogyakarta 55165
Telp. : (0274) 563515, 511829, 511830, 379418, 371120
Fax. : (0274) 564604